Selamat Datang di Situs Perpustakaan CAKRAWALA...Cerdas...Kreatif...dan Berwawasan Luas

Minggu, 01 November 2015

LAYANAN DAN FASILITAS

 Layanan Sirkulasi
Sirkulasi merupakan salah satu layanan Perpustakaan CAKRAWALA yang memungkinkan pengguna melakukan peminjaman buku-buku untuk dibawa pulang. Peminjaman dapat dilakukan oleh civitas academica SD Negeri Warungboto yang memiliki kartu anggota perpustakaan dan dapat meminjam sebanyak 1 eksemplar buku selama 7 hari. Peminjaman dapat diperpanjang satu kali untuk 7 hari ke depan.

      Layanan Referensi
Layanan referensi atau jasa rujukan bertujuan untuk membantu pengguna menemukan literatur atau informasi yang diperlukan untuk kegiatan penelitian dan penulisan ilmiah dengan memanfaatkan sumber-sumber rujukan yang tersedia. Sumber-sumber rujukan tersebut meliputi:
  1. Kamus; terdiri dari kamus bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamus istilah bidang ilmu, kamus bahasa Inggris, dsb.
  2. Ensiklopedi; misalnya, Ensiklopedi Nasional, Ensiklopedi Wayang, Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Geografi, dan ensiklopedi berbagai bidang ilmu, seperti bidang kesehatan dan tumbuh-tumbuhan
  3. Indeks, katalog, dan abstrak; misalnya, indeks Al Quran, katalog museum, abstrak karya ilmiah, indeks peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, dsb.
  4. Sumber-sumber sejarah, geografi, dan biografi tokoh-tokoh nasional dan dunia
  5. Koleksi Peraturan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia; berupa peraturan di berbagai bidang, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan, dsb.
Ruang Layanan Terbitan Berkala
Jurnal, majalah, surat kabar maupun terbitan berkala lainnya, merupakan salah satu layanan Perpustakaan CAKRAWALA bagi pemustaka. Terdapat berbagai judul majalah/jurnal cetak lepas maupun terjilid sebagai sumber informasi bagi pemustaka.
Layanan Pendidikan Pemakai
Usaha bimbingan atau penunjang pada pemakai tentang cara pemanfaatan koleksi bahan pustaka yang disediakan secara efektif dan efisien, bimbingan itu dapat berupa bimbingan individu ataupun secara kelompok, beberapa materi bimbingan pemanfaatan perpustakaan antara lain adalah :
  1. Pengenalan terhadap denah perpustakaan
  2. Peraturan perpustakaan
  3. Alat penelusuran informasi
  4. Pengenalan terhadap bagian-bagian layanan perpustakaan
  5. Pengenalan terhadap penempatan koleksi
  6. Pengenalan terhadap ruang baca
      Layanan Internet Hot Spot
      Beberapa terminal akses internet serta wifi guna memberikan kenyaman bagi pemustaka.

      Layanan Ruang audio visual
     Disini disediakan ruang untuk pembelajaran interkatif bagi siswa dengan penggunaan perangkat audio visual seperti LCD

      Layanan Pojok Baca pada tiap-tiap kelas
Pada tiap ruang kelas 1-6 terdapat rak kecil yang berisi beberapa buku perpustakaan, hal ini bertujuan untuk mengenalkan perpustakaan cakrawala dan mengajak siswa untuk lebih cinta baca.

      Layanan ruang belajar alternative
    Perpustakaan menyediakan ruang belajar sebagai alternative guru dan siswa untuk belajar di luar kelas dan lebih mudah mencari referensi belajar yang dibutuhkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar